Rabu, 02 Februari 2011

ngemil nya yang lagi diet

Niatnya sih diet, tapi apa daya godaan ngemil tak bisa ditahan. Buat yang lagi diet, sebenarnya ngemil nggak mutlak dilarang, tapi ada aturan mainnya dong.
1. Makan, makan, makan
Salah satu jurus ampuh pencegah ngemil adalah makan! Makan pagi, siang, dan malam jangan ada yang dilewatkan. Jika satu saja terlewat, keinginan untuk balas dendam lewat ngemil pasti semakin besar. Melewati waktu makan bisa membuat Anda semakin lapar. Hasilnya ngemil pasti jadi pilihan karena tak mungkin meninggalkan meja kantor. Karena itu, ketika waktu makan pagi, siang, dan malam tiba, jangan dilewatkan.
2. Hindari Kudapan Tidak Sehat
Untuk menahan lapar di antara jam makan, ngemil adalah kegiatan yang sah-sah saja. Tapi, pilih dong cemilan yang sehat. Bukan berarti harus makan buah atau sayur. Asal pandai memilih, beberapa cemilan nikmat juga bisa dinikmati. Sebisa mungkin, pilih cemilan yang rendah lemak, lihat di bagian belakang kemasan cemilan yang Anda beli. Lihat kadar lemak setiap sajian. Jika tertulis kadar lemak setiap sajian. lebih dari 5% sebaiknya Anda pilih cemilan yang lain saja.
3. Gunakan Aromaterapi
Beberapa wewangian aromaterapi bisa berpengaruh untuk menurunkan nafsu makan. Jika ingin ngemil coba nyalakan lilin aromaterapi. Pilih wangi teh hijau atau lavender yang akan membantu Anda menghilangkan nafsu untuk mengudap.
4. Daripada Ngemil, Mendingan Minum
Salah satu jurus ampuh mengurangi keinginan ngemil adalah minum. Jika minum air putih segelas tidak berpengaruh sebaiknya coba minuman lain. Teh herbal dengan madu bisa jadi pilihan yang menyenangkan. Selain membuat mood semakin asyik, teh herbal juga bisa menjadi pengalih perhatian dari keinginan ngemil. Anda juga bisa memilih minuman yang lain selama minuman tersebut non kafein dan rendah gula.
5. Cari Kesibukan
Keinginan untuk ngemil biasanya datang ketika pekerjaan Anda sedang longgar. Bukan berarti Anda harus terus sibuk hingga menguras energi. Cukup cari kegiatan yang akan menyibukkan tangan Anda. Chatting dengan teman, main kartu, menjahit, main piano, atau mengecat kuku bisa jadi pilihan. Intinya, cari kesibukan dan alihkan pikiran Anda dari keinginan untuk ngemil.
6. Stop Nonton TV
Menonton TV terbukti membangkitkan semangat ngemil. Menonton TV membuat Anda merasa harus melakukan sesuatu sebagai sambilan. Biasanya, yang jadi pilihan adalah mencari cemilan. Apalagi, kebanyakan iklan di TV mempromosikan makanan yang lezat-lezat. Kembali ke saran sebelumnya, cari kegiatan lain yang mengalihkan pikiran Anda dari keinginan ngemil. Jika ingin nonton TV, pilih channel yang memutar tayangan model-model berbadan oke. Bayangkan Anda dengan badan indah tersebut, bayangkan penampilan Anda ketika mengenakan pakaian indah-indah. Jika niat Anda kuat, keinginan ngemil pun semakin berkurang.
7. Sikat Gigi Setelah Makan
Sikat atau bersihkan gigi setelah makan. Walau kesannya simpel, kegiatan ini terbukti bisa membuat Anda menghindari makanan, setidaknya selama satu jam ke depan.
8. Hitung dan Pikir
Jangan makan sambil melakukan kegiatan lain. Makan yang dilakukan sambil melakukan kegiatan lain membuat Anda “tak menyadari” Anda sedang makan. Akibatnya, Anda terus akan merasa lapar dan ingin makan. Setiap makan pikirkan apa yang Anda makan, apakah Anda benar-benar menginginkannya, berapa kalori yang masuk, dan apakah Anda akan melakukan kegiatan yang bisa membuang kalori itu. Kalori pizza yang hanya beberapa menit memberi kenikmatan di mulut dan bersarang lebih lama di tubuh Anda jika tak ada usaha untuk mengeluarkannya. Buat perhitungan, satu pizza akan dibalas dengan satu jam jogging.
Kunci suksesnya, Anda harus konsekuen dan tidak mudah menyerah. Diet yang memberi hasil singkat juga memberi risiko naiknya berat badan dengan singkat. Pelan tapi pasti dan stabil lebih baik dari pada turun naik dalam waktu singkat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons